Student Mobility Program Prince Of Songkla University (PSU), Pattani Campus, Thailand

thailand1

6 mahasiswi berhasil mendapatkan grant Student Mobility Program (SMP) yang dilaksanakan oleh FMIPA Universitas Syiah Kuala ke Prince Of Songkla University (PSU), Pattani Campus, Thailand.

thailand2

Dua diantaranya merupakan mahasiswi Prodi Statistika yaitu Keumala Andayani angkatan 2013 dan Ainun Mardhiah angkatan 2014. Kegiatan Student Mobility Program ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi Mahasiswa FMIPA Unsyiah untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat menjalin hubungan kerjasama antara University of Prince of Songkhla,Thailand dengan Universitas Syiah Kuala. Mereka didampingi seorang dosen senior, Dr. Zurnila Marli Kesuma dari Prodi Statistika. Kegiatan tersebut berlangsung selama sepekan dari tanggal 21 – 28 September 2017.

Mereka berangkat pada hari Rabu tanggal 20 Oktober 2017 dari bandara Sultan Iskandar MudaBanda Aceh ke Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka mengalami transit selama kurang lebih 4 jam kemudian melanjutkan perjalanan ke Hat Yai, Thailand. Mereka tiba di Bandara Hat Yai pada sore hari, kemudian dijemput oleh mahasiswa dan dosen dari PSU Pattani Campus. Saat tiba makan malam pada pukul 7 waktu Pattani, mereka di ajak dinner oleh Dekan Faculty of Science and Technology yang bernama Ajjarn Sukree. Ajjarn Sukree menyediakan menu kebanggaan Thailand yaitu Tomyan dan Gulai Itik khas Pattani. Setelah dinner, mereka di antar ke asrama PSU Pattani campus untuk istirahat.

thailand3

Hari pertama, mereka belajar bersama Ajjarn Sarawuth mengenai sistem ekologi akuatik. Meskipun ruang lingkup biologi, mereka tetap nyaman karena bisa belajar mengenai hal-hal yang belum mereka ketahui. Setelah belajar, Ibu Zurnila memberikan kenang-kenangan kepada Ajjarn Sukree, dilanjutkan dengan foto bersama.

thailand4

Siang hari, mereka makan siang bersama Ajjarn Sarawuth disebuah restoran bernama “Tist Makan” yang menyediakan makanan khas Thailand. Kemudian mereka diajak mengunjungi Masjid Jameek Pattani dan shalat zuhur disana. Setelah itu mereka pergi ke Wooden Beach bertemu masyarakat dan para nelayan. Di sana, para nelayan menceritakan sejarah nama Kota Pattani, yang berasal dari kata “Pata” yang berarti Pantai, dan “Ni” yang berarti ini.

thailand5

Pada hari kedua mereka melukan field trip ke “Na Thap River“, belajar mengambil sampel air, benthos, dan plankton. Pada hari berikutnya, sampel tersebut dilakukan uji lab. Mereka belajar di lab kimia untuk melihat kondisi air sungai, serta belajar di lab biologi untuk melihat jenis-jenis plankton (phytoplankton dan zooplankton). Pada hari berikutnya lagi, mereka belajar tentang data management bersama Ajjarn Apiradee menggunakan software R.

thailand6

Perjalanan mereka selama mengikuti program ini tidak terpaku hanya pada belajar saja. Mereka juga melakukan wisata ditemani oleh Ajjarn Sarawuth dan Mahasiswa Indonesia yang belajar di sana, seperti berwisata ke Skywalk, Samila Beach (Songkhla City), Tang Kuan Hill, hingga ke Hat Yai (Municipality Park dan pusat perbelanjaan).

Pada hari terakhir, mereka mengunjungi John F. Kennedy Library, sebuah perpustakaan yang sangat nyaman. Selain menjadi tempat belajar dan peminjaman buku, perpustakaan tersebut memiliki ruang-ruang unik seperti American Corner, Bahrain Studi, Sport Room, dan Audio Visual Room.


thailand7

Setelah itu mereka melakukan presentasi dan pemutaran video mengenai perjalanan SMP selama sepekan di Prince Of Songkla University, Pattani Campus, Thailand. Kemudian mereka membagi-bagikan buah tangan khas Aceh, Gelang Gayo, kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut. Malam harinya, mereka melakukan farewell dinner sebelum kembali ke Aceh.

thailand8

Created by: Keumala dan Ainun

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya