Dua Mahasiswa Prodi Statistika Menjadi Delegasi Student Mobility Program di University of The Ryukyus, Okinawa, Jepang

Jepang

Dua mahasiswa Prodi Statistika Nur Fajri Aldi (3 dari kiri) dan Arif Saputra (4 dari kanan)

Perdana, di tahun 2017 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah mengadakan Student Mobility Program (SMP) ke University of The Ryukyus, Okinawa, Jepang. Program tersebut bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menambah wawasan serta merasakan atmosfer akademik di kampus luar negri.

Animo mahasiswa dengan program tersebut terbilang luar biasa. Walau kuota yang disediakan hanya untuk 5 orang saja, namun tercatat ada 65 mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk bersaing. Setelah melalui seleksi yang ketat, terpilihlah 5 orang. Dua diantaranya merupakan mahasiswa Prodi Statistika yaitu Nur Fajri Aldi dan Arif Saputra.

Program tersebut berlangsung selama satu pekan mulai 11 – 18 September. Dalam pelaksanaanya, peserta SMP yang terpih didampingi oleh seorang dosen Dr.rer.nat.Ilham Maulana, yang merupakan Dekan FMIPA bidang kemahasiswaan.

Keberangkatan dimulai dari Bandara Iskandar Muda ke Kuala Lumpur Internasional Airport, Malaysia. Sempat transit cukup lama, sekitar 7 jam sebelum kemudian bertolak ke Pudong, Shanghai. Setelah tiba di Pudong dan transit sesaat, perjalanan dilanjutkan ke tujuan utama yaitu Naha International Airport, Okinawa, Jepang. Di sana, peserta dijemput oleh Junichi Tanaka, Ph.D yang merupakan asisten dekan Faculty of Sciene .

Di hari pertama peserta dipertemukan dengan Dekan dan jajarannya. Kemudian dilanjutkan dengan orientasi yang berlangsung di perpustakaan kampus. Di tempat yang sama, peserta juga diberi waktu untuk berbincang dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Okinawa. Pada malam harinya diadakan welcome party, peserta dijamu dengan berbagai makanan khas Jepang seperti sushi, tempura dan lain sebagainya.

japan 1

Berbincang dengan PPI Okinawa

Pada hari-hari berikutnya, kegiatan lebih difokuskan pada kunjungan lab. Peserta diajak untuk melihat dan mencoba fasilitas lab. Salah satu lab yang dikunjungi yaitu Biologi dan Statistika. Di sana, seorang dosen mempresentasikan penelitiannya yang menerapkan salah satu metode statistik.

japan 2

Bersama Dr. Kubota, pengasuh lab Biologi dan Statistika

Masih di lingkungan kampus, dengan didampingi oleh seorang pemandu, peserta dibawa ke Museum Fujukan, yang dikelola kampus tersebut. Di dalamnya banyak terdapat benda-benda bersejarah, juga segala jenis hewan endemik Okinawa. Baik yang hidup maupun yang sudah diawetkan.

Selain beraktifitas di lingkungan kampus, peserta juga dibawa ke tepat-tempat impresif di Okinawa seperti Sesoko Marine Station, Churaumi aquarium, Okinawa Prefectural Peace Memorial Museum, Tsuboya Pottery, Cape Manza, dan Shurijo Castle.

Sebagai penutup, di hari terakhir peserta SMP diwisuda oleh dekan Faculty of science University of The Ryukyus.

japan 3


Sumber: http://stat.unsyiah.ac.id

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya